Navigasi Halaman : Beranda » Liga Champions » Galatasaray Terancam Sanksi UEFA Karena Lakukan Pelanggaran

Galatasaray Terancam Sanksi UEFA Karena Lakukan Pelanggaran

Galatasaray Terancam Sanksi UEFA Karena Lakukan Pelanggaran

Galatasaray Terancam Sanksi UEFA Karena Lakukan Pelanggaran

Bolabos.com – Klub sepakbola, Galatasaray terancam terkena sanksi UEFA tidak boleh berkompetisi di level Eropa. Pasalnya, klub Liga Turki tersebut memiliki neraca keuangan yang buruk. Dalam tiga musim terakhir, kerugian Galatasaray mencapai 164 juta Euro. Dan hal tersebut melebihi batas Financial Fair Play (FFP) yang ditetapkan oleh UEFA.

UEFA sangat berkepentingan untuk menciptakan iklim sepakbola yang sehat di Eropa. Oleh karenanya, mereka cukup ketat mengatur neraca keuangan klub. Sebuah klub boleh saja menghamburkan banyak uang. Tetapi pemasukan mereka juga mesti ideal. Klub yang melanggar FFP bisa dikenai beragam sanksi. Mulai dari pengurangan jumlah pemain yang boleh dimasukkan ke kompetisi Eropa, hingga larangan tampil di Liga Champions atau Europa.

Kini, Galatasaray yang tergolong klub elite di Liga Turki terancam sanksi larangan tampil di kompetisi UEFA. Andai hal ini yang terjadi, jelas Liga Turki akan terkena pukulan telak. Pasalnya kompetisi tersebut berencana masuk dalam empat liga terbaik dunia pada 2010. Di samping itu, dalam konteks yang lebih luas, negara Turki juga berambisi tercantum dalam 10 besar negara paling kuat di bidang ekonomi pada 2023.

Presiden Galatasaray, Dursun Ozbek, kepada Reuters menuturkan, “Kerugian kami mencapai 164 juta euro dalam tiga musim terakhir. Angka tersebut sudah melewati batas yang ditetapkan UEFA. Kini kami berusaha yang terbaik untuk menghindari sanksi. Kami berusaha memotong kerugian per tahun sebesar 10 juta Euro.”

Sebelumnya, UEFA juga sudah memberitahu tiga klub Turki lain: Fenerbahce, Besiktas, dan Trabzonspor untuk mengurangi jumlah utang mereka. Ada kehawatiran klub-klub yang secara regular tampil mewakili Liga Turki di Eropa ini, tidak mampu menutup kerugian yang kini diderita.

By Bolabos.com