Navigasi Halaman : Beranda » Info Klub » 10 Klub dengan Skuad termahal di Eropa

10 Klub dengan Skuad termahal di Eropa

10 Klub dengan Skuad termahal di Eropa

10 Klub dengan Skuad termahal di Eropa

Bolabos.com – Kebijakan financial fair play (FFP) yang diterapkan UEFA sejak musim 2011 silam memang telah memberikan dampak besar terhadap kebijakan transfer pemain klub-klub raksasa Eropa. Bahkan, klub-klub raksasa yang memiliki sumber dana tak terhingga, tak bisa lagi seenaknya mendatangkan pemain dengan harga mahal lantaran kewajiban mereka untuk menyamakan jumlah pengeluaran dan pemasukan.

Namun tetap saja, penghasilan yang didapat klub-klub Eropa dari hak siar, tiket dan tur di berbagai penjuru dunia, membuat mereka seakan tak terlalu merasakan dampak FFP yang diterapkan UEFA. Buktinya, beberapa klub bahkan berani membayar biaya transfer pemain-pemain muda dengan harga yang luar biasa.

Namun klub mana yang memiliki jumlah skuat termahal di daratan Eropa? Berikut daftar 10 skuat termahal di daratan Eropa.
10. Juventus (Rp6,49 triliun)
Exodus yang dilakukan para pemain utama Juventus musim ini membuat jawara Serie A Italia harus rela turun ke posisi 10 daftar skuat termahal Eropa musim 2015/2016. Namun meski demikian, Juventus menjadi satu-satunya wakil Italia yang masuk ke dalam daftar ini.

9. Arsenal (Rp6,57 triliun)
Kebijakan transfer Arsene Wenger yang membingungkan, membuat Arsenal yang berharap untuk bisa keluar sebagai juara Liga Inggris musim ini hanya mendatangkan satu pemain tambahan di bursa transfer awal musim ini. Namun meski demikian, tetap saja Arsenal bisa masuk ke dalam daftar 10 skuat termahal Eropa musim 2015/2016.

8. Bayern Muenchen (Rp7,27 triliun)
Arturo Vidal tentunya menjadi nama yang paling disorot ketimbang pemain lain yang didatangkan Muenchen musim ini. Muenchen bahkan kini memiliki skuat termahal bila dibandingkan klub Bundesliga Jerman lainnya.

7. Liverpool (Rp7,42 triliun)
Liverpool memang bisa dibilang sebagai salah satu klub yang paling jor-joran dalam mendatangkan pemain anyar di bursa transfer kali ini. Bahkan, bila melihat susunan permainan, hampir semua lini Liverpool diisi oleh pemain anyar.

6. Barcelona (Rp8,5 triliun)

Sanksi yang diberikan kepada Barcelona jelas berpengaruh besar terhadap rencana mereka untuk membenahi skuat mereka musim ini. Meski demikian, nama-nama besar punggawa La Blaugrana seperti Lionel Messi, Luis Suarz dan Neymar, membuat Barcelona tak bisa disingkirkan dari daftar 10 skuat termahal Eropa.

5. Chelsea (Rp8,78 triliun)
Niat Chelsea untuk mempertahankan gelar juara Liga Premier Inggris musim ini membuat tim London Utara harus kembali mendatangkan satu lagi pemain bintang. Pedro yang akhirnya diboyong dari Barcelona akhirnya menjadi pilihan utama lantaran dianggap bisa lebih mudah beradaptasi dengan permainan Chelsea lantaran pengalamannya bermain se-tim dengan Cesc Fabregas, Cesar Azpilicueta dan Diego Costa.

4. Paris Saint Germain (Rp11,27 triliun)
Tim kaya raya yang bermarkas di kota Paris ini memang selalu saja berhasil masuk ke dalam daftar skuat termahal Eropa. Dengan dana yang tak terhingga, PSG sebenarnya bisa saja memiliki skuat termahal di dunia bila tidak ada pembatasan finansial yang dikeluarkan UEFA.

3. Manchester United (Rp11,49 triliun)
Hengkangnya Angel Di Maria setelah hanya semusim memperkuat Setan Merah memang sempat mengejutkan banyak pecinta sepak bola. Namu United kemudian mendatangkan sejumlah pemain lain dengan harga yang cukup mengejutkan seperti Memphis Depay dan Anthony Martial.

2. Manchester City (Rp12,03 triliun)
Sang calon kuar juara Liga Inggris musim 2015/2016 tetap mempertahankan kebiasaan mereka untuk mendatangkan sejumlah pemain bintang. Hanya saja, kali ini Manchester City lebih senang memboyong pemain-pemain muda seperti Keviv De Bruyne dan Raheem sterling.

1. Real Madrid (Rp12,61 triliun)
Madrid yang musim lalu gagal mendapatkan satupun gelar justru tidak melakukan pergerakan mencolok di bursa transfer kali ini. Usai memutuskan melepas Casillas, Madrid malah gagal mendatangkan David De Gea yang awalnya digadang-gadang bakal mengisi posisi penjaga gawang uatama. Meski demikian, sederet pemain bintang yang menghiasi tim ibu kota Spanyol ini membuat mereka mencatatkan diri sebagai klub dengan skuat termahal di musim 2015/2016.

by Bolabos.comĀ