Navigasi Halaman : Beranda » Ragam Sepak Bola » Presiden FIFA Pilihan Jose Mourinho

Presiden FIFA Pilihan Jose Mourinho

Presiden FIFA Pilihan Jose Mourinho

Presiden FIFA Pilihan Jose Mourinho

Bolabos.com –   Mantan manajer Chelsea, Jose Mourinho, memberikan dukungan kepada Gianni Infantino untuk duduk di kursi presiden FIFA. Mourinho yakin pria Italia itu bisa memberikan perubahan bagi sepak bola.

Infantino yang kini masih menjabat sekretaris jenderal UEFA merupakan salah satu dari lima kandidat untuk menggantikan Sepp Blatter sebagai presiden FIFA.

Empat calon lainnya adalah Pangeran Ali bin Al Hussein, Sheikh Salman bin Ebrahim al-Khalifa, Tokyo Sexwale, dan Jerome Champagne. Kelima calon tersebut akan bersaing untuk menjadi orang nomor satu di FIFA pada kongres luar biasa, 26 Februari 2016.

Bagi Jose Mourinho, Infantino memiliki kapabilitas yang mumpuni untuk memimpin organisasi sepak bola dunia tersebut. Pria Portugal itu bahkan datang ke acara kampanye sang calon di Stadion Wembley pada Senin (1/2/2016) waktu setempat.

“Saya sudah mengenalnya dalam waktu yang lama. Saya tahu dia sangat mampu, sangat berpengalaman, punya pengetahuan sepak bola dan organisasi ini,” ucap Mourinho dikutip dari Soccerway.

“Saya mendukungnya dengan perasaan nyata seperti halnya Anda mendukung seseorang yang diyakini bisa melakukan tugasnya dengan baik,” lanjut Mou.

Sebagai informasi tambahan, FIFA diguncang skandal besar yang melibatkan Sepp Blatter dan Michel Platini sepanjang 2015. Blatter tersandung kasus suap dan korupsi di FIFA dalam 20 tahun terakhir. Pria asal Swiss itu terbukti mengambil keuntungan dalam penjualan hak siar Piala Dunia kepada Persatuan Sepak Bola Karibia (CFU) pada 2005.

Selain itu, Kejaksaan Swiss juga melakukan pemeriksaan kepada Blatter yang diduga menyalurkan uang 2,29 juta dollar AS (sekitar Rp 33,4 miliar) kepada Platini, yang ketika itu menjabat sebagai mantan penasihat Presiden FIFA. Aliran dana tersebut dinilai penyidik Komite Etik FIFA berlebihan (disloyal payment).

By Bolabos.com