Navigasi Halaman : Beranda » Liga Champions » Vanderlei Luxumbergo : Kesuksesan Zidane Ditentukan Oleh Ronaldo

Vanderlei Luxumbergo : Kesuksesan Zidane Ditentukan Oleh Ronaldo

Vanderlei Luxumbergo : Kesuksesan Zidane Ditentukan Oleh Ronaldo

Vanderlei Luxumbergo : Kesuksesan Zidane Ditentukan Oleh Ronaldo

Bolabos.com – Bekas┬ápelatih Real Madrid, Vanderlei Luxumbergo berpendapat jika sukses atau tidaknya pelatih baru Madrid, Zinedine Zidane tidak ditentukan oleh pengalaman yang dimiliki mantan pelatih tim Castilla itu, tapi akan ditentukan oleh sikap para pemainnya terutama sang mega bintang mereka, Cristiano Ronaldo.

Luxemburgo merupakan pelatih Madrid di tengah musim 2004/05 yang saat itu menggantikan pelatih Mariano Garcia Remon yang dipecat dari posisinya. Ia berhasil memimpin Madrid untuk meraih tujuh kemenangna beruntun meski pada akhirnya harus kalah dari Barcelona dalam perburuan gelar juara.

Ia juga merupakan pelatih yang dikenal pernah mempromosikan formasi baru yang disebut sebagai The Magic Rectangle atau Kotak Ajaib dalam formasi 4-2-2-2.

“Zidane merupakan pemimpin di kamar ganti saat ia masih menjadi pemain dulu. Ronaldo harus menyadari hal itu jika saat ini ada orang dengan sosok pemimpin dan bisa mengerti laga dan sedang memimpin timnya,” ujar pelatih Tianjin Songjiang itu.

“Kamar ganti hanya menjadi milik pemain dalam beberapa poin, selebihnya milik manajer yang memimpin. Cristiano harus mengerti jika ia bukanlah manajer, tapi Zidane,” tambah pria asal Brasil tersebut.

Tidak hanya itu, Luxemburgo juga mengambil contoh dengan membandingkan Ronaldo dengan bintang Barcelona, Lionel Messi.

“Messi bagaimana pun hanya pemain. Ia memang bintang, tapi tetap pemain dan itu batasnya,” pungkasnya.
By Bolabos.com